Kabar gembira bagi Anda penggemar kuliner di Surabaya. Kini, telah hadir rumah makan yang menyediakan olahan Sop Kaki Kambing & Kaki Sapi khas Betawi yang segar dan lezat.
Rumah makan yang diusung dari Roxy, Jakarta ini berada di Ruko Surya Inti Permata II/C-6, Jl. HR Muhammad 175, Surabaya. Tepatnya, berada di sisi kiri Jalan HR Muhammad, tak jauh dari patung kuda (± 50 meter sebelum patung kuda, red).

Di rumah makan yang tertata rapi dan bersih itu, tersedia dua pilihan utama berupa olahan masakan sop. Ada sop kaki kambing dan sop kaki sapi. Hendri, sang owner, sengaja menghadirkan pilihan itu agar pengunjung yang tidak suka kambing bisa memilih sapi, atau sebaliknya. Selain olahan sop, tersedia juga sate kambing dan iga penyet.
Soal rasa, jangan ditanya. Sopnya baik yang kambing maupun sapi gurihnya terasa dan bumbunya berasa banget, segar dan tidak eneg. Kuahnya yang berbahan dasar susu sangat memanjakan lidah, baik ketika dicampur dengan nasi maupun sekedar diseruput biasa. Citasara itu semakin menggoda selera dengan taburan bawang goreng, irisan daun bawang, dan emping melinjo yang pas banget di lidah. Begitu pula dengan satenya yang memiliki tekstur daging yang empuk dan lumer di mulut.
Kalau memesan, Anda bisa memilih paket Roxy 1 atau Roxy 2. Paket Roxy 1 berisi sop kaki kambing atau sapi, nasi putih, dan teh atau air mineral dengan harga Rp. 18.000. Sementara, paket roxy 2 berisi sop kaki kambing/sapi, nasi putih, teh atau mineral dan sate dengan harga Rp. 25.000.
Selain itu, ada pilihan sop kaki kambing campur atau sop kaki sapi campur. Sesuai namanya, menu ini tidak hanya berisi irisan kaki kambing, tetapi ada macamnya seperti daging, jeroan, lidah dan sebagainya.
Hendri, berani menjamin bahwa menu sop di rumah makannya tak kalah dengan rumah makan sejenis. Bahkan bisa jadi lebih dahsyat rasanya. Pasalnya, selain rempah atau bumbu yang digunakan spesial, bahan kambing yang digunakan pun dipilih yang benar-benar berkualitas.
”Bila selama ini kebanyakan orang memilih kambing muda (cempe) untuk mendapatkan daging yang empuk, tetapi kami tidak. Kami memiliki cara tersendiri dalam memperoleh daging yang mampu menghasilkan tekstur dan citarasa spesial ini,” tutur Hendri kepada FR.
Sop kaki kambing ini sangat cocok dimakan kapan saja. Lebih-lebih, pada malam hari akan sangat cocok buat penghangat tubuh. Penasaran, segera kunjungi dan rasakan sensasi kelezatannya. Apalagi selama ini di Surabaya penyedia sop kaki kambing maupun sapi kebanyakan adalah sop biasa yang berkuah bening. Jadi, kini saatnya Anda mencoba sensasi sop khas Betawi ini. Yang penting lagi, semuanya bebas apek.


Sate Kambing

Sate kambing spesial ini dipaket 10 tusuk per porsi. Dibakar di atas bara api yang telah disesuaikan, irisan dadu daging kambing yang telah ditusuk menjadi sate itu didiamkan agar aroma dan rasanya menyatu.
Olesan kecap manis plus bumbu kacang ketika dibakar akan meresapkan semua komponen bumbu yang ada. Setelah itu baru dihidangkan dengan tambahan irisan bawah yang bermanfaat juga untuk mengeliminir zat kurang bersabat dari daging bakar.

Iga Penyet
Untuk menu yang satu ini, Anda harus memesan dua piring nasi sekaligus. Lho kok begitu? Ya, karena sensasi dan citarasa sambal ulek yang disajikan mengundang selera yang tak mampu mengerem makan. Pedasnya cabe yang sudah diulek menjadi satu bersama tomat dan terasi plus tambahan bumbu lainnya, benar-benar menghadirkan rasa sambal penyetan yang luar biasa.
Cukup mencolekkan iga bakar yang empuk ke atas sambal, masukkan ke mulut baru dorong dengan nasi putih. Hmmm... pelengkapnya ada kuah spesial yang disediakan peneman bersantap iga bakar istimewa ini.


Sop Kaki Kambing & Sapi Roxy

Ruko Surya Inti Permata II/C-6
Jl. HR. Muhammad 175, Surabaya (Dekat Patung Kuda)
Jam Buka: 10.00-23.00
Menu andalan:
- Sop Kaki Kambing
- Sop Kaki Sapi
- Sate