Panasnya Surabaya yang belakangan hari ini terhapus oleh hujan yang turun berkepanjangan, membuat selera makan kian bertambah. Apalagi pada saat jam makan siang, ingin selalu mengudap jajanan tradisional yang nikmat seperti pisang goreng, ote-ote, dan sebangsanya yang penjualnya banyak berseliweran di sekitaran perkantoran. Sebagai menu utama, makanan bersambal sangat pas disantap sebagai pembangkit panas tubuh, seperti halnya aneka penyetan yang sumber kenikmatannya terletak pada sambal.

Belum lama ini, ketika mendung tebal memayungi kota Pahlawan, saya bersama teman-teman kantor mencoba mencari pelipur lapar dengan bertandang ke depot Bu Ria di kawasan jalan Sulawesi Surabaya, tak jauh dari Mirota (toko buah tangan khas).



Suasana siang yang cenderung panas-panas dingin, membuat kawan-kawan serempak memesan menu sebagai santapan, di antaranya Udang Penyet, Terong Penyet, Gurami Bakar, dan lain-lainnya. Minumannya ada yang memilih Es Cincau, Es Jeruk, Teh Panas, dan lainnya pula.

Sekitar 15 menit menunggu, akhirnya semua pesanan datang. Saya mencoba menikmati pesanan udang penyet dan terong penyet bersama es cincau. Yang cukup istimewa dari penyetan Bu Ria adalah hampir di semua menu penyetannya ditaburi kremesan yang berasa gurih untuk membangkitkan selera. Di samping sambal uleknya yang kuat pada tomat dan terasi, kremesannya bisa membuat orang ingin menambah nasi lagi. Pasalnya, masih ada tempe dan tahu goreng renyah yang bukan hanya enak untuk dikudap, tetapi tepat juga untuk pendamping menghabiskan nasi supaya perut makin kencang dibuatnya.
Anda mau mencobanya juga? Silakan mampir ke Ayam Penyet Bu Ria.

Ayam Penyet Bu Ria
Jl Sulawesi 42, Surabaya.