Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Garang Asem, Paduan Tiga Rasa dalam Satu Selera

01 June 2011

Share this history on :

Penampilannya terbungkus rapi daun pisang. Begitu biting (lidi pengunci)-nya dibuka, terkuaklah sepotong ayam dengan kuah encer beraroma harum bumbu yang didominasi irisan belimbing wuluh cabai hijau, cabe merah dan daun bawang. Anda pasti tak tahan godaan untuk segera menyeruput kesegaran kuahnya yang bergitu membangkitkan selera. Apalagi semua disajikan dalam kondisi masih hangat dengan asap masih mengepul lembut menusuk syaraf penciuman.

Itulah kenikmatan santap siang hari ini di Depot Pecel Bu Kus di Jalan Baratajaya Surabaya. Menu pilihan saya adalah garang asem, hidangan khas dari Kudus yang telah menjadi pilihan favorit di depot yang menyediakan pecel sebagai sajian utamanya itu.
Garang asem yang memadukan tiga unsur rasa, masam, pedas, dan manis menjadi pendamping nasi sebagai lauk sekaligus kuah. Komposisi racikan bumbu halus yang dirajang terdiri atas kemiri, lengkuas, bawang merah, bawah putih ditambah irisan tomat, cabai hijau, belimbing wuluh, dan daun bawang seakan mengetahui irama lidah dalam mengggabungkan tiga unsur rasa sekaligus.

Proses memasaknya yang cukup lama, juga merupakan kunci rahasia kelezatan bumbu garang asem yang begitu komplet ketika dipadukan dengan daging ayam yang telah turut direndam di dalamnya sehingga berasa lembut saat disantap. Ya, proses memasak garang asam memang harus dua kali. Pertama untuk membuat kuahnya dulu, lalu begitu kuah jadi dimasukkan dalam bungkusan khusus dari daun pisang bersama daging ayam, dan dikukus lagi dengan waktu kurang lebih dua jam.

Daging ayam dalam garang asem Depot Pecel Buk Kus terasa lembut. Cukup mengungkitnya menggunakan sendok dan garpu, daging ayam akan melorot sendiri dari belulangnya, dan Anda tinggal menyantapknya bersama suapan nasi disertai kuahnya nan begitu segar. Cocok sekali dinikamtinya dalam cuaca panas. Kombinasi yang tepat sebagai minuman penampingnya Anda bisa memilih beras kencur dingin atau minuman lain yang menyegarkan.

Dengan diiringi nyanyian lirih tembang-tembang Jawa yang mengalun syahdu dari sound yang ada, sembari menikmati makanan, Anda juga dapat menyaksikan gallery foto para selebriti yang pernang mampir di Depot Pecel Bu Kus ini.

Bila Anda penasaran ingin menikmati garang asem yang rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Surabaya ini, silakan mampir ke Jl. Baratajaya XVII tak jauh dari Hotel Narita. Atau Anda juga bisa ke cabang barunya di Jalan Embong Malang, persis di sebelah kiri Depot Rawon Setan depan JW Marriot. Dijamin bakal ketagihan…. (arohman)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

3 komentar:

aremafood said...

pasti enak ya,...kapan2 mampir ahhh kalo lagi ke surabaya

Obat Herbal Gagal Ginjal said...

wah enak,.. banget tuh,..
pas buat buka puasa,..

Cara Mengobati Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami said...

waduuuh...eank banget kayaknya,,,mau-mau...ayamnya pasti empuk dan lezat...hehehe