Tahun 2012 bersamaan dengan Tahun Naga (Air). Bagiku setiap tahun adalah perubahan. Dan setiap perubahan haruslah berdampak positif bagi kehidupan yang menyertai proses berikutnya.

Setidaknya pada tahun 2012 ini aku memiliki target yang sudah tersusun sejak beberapa waktu sebelum berakhirnya tahun 2011. Aku tak terlalu banyak menderetkan harapan, karena beberapa program yang berlum berhasil tahun lalu masih ada beberapa dan harus bisa diperbarui pada tahun ini sesuai target.

Beberapa target yang tercatat di antaranya program yang berkaitan dengan pekerjaan di kantor, dan beberapa lainnya merupkan target pribadi yang tak ada kaitannya dengan urusan kantor, namun sangat berpengaruh terhadap integritas individu berkaitan dengan masalah idealisme.

Program kantor erat kaitannya dengan peningkatan produktivitas dengan melipatgandakan jumlah terbitan majalah yang aku handle. Dari durasi dua bulanan menjadi bulanan. Bukan hanya itu, ketika rutinitas terbit majalah lebih deras, maka cost-nya pun otomatis akan bertambah, sehingga mau atau tidak pendapatan harus meningkat, khususnya pemasukan dari sektor iklan.

Bila dibandingkan tahun lalu, tahun ini aku harus mampu memompa semangat marketing iklanku untuk memenuhi target. Ini sebenarnya cukup berat. Karena setelah ditinggal dua personal pada pertengahan tahun lalu, praktis aku hanya mengandalkan seorang marketing yang sesekali dibantu orang redaksi yang harus turun tangan menyuport divisi iklan ini.

Meski demikian, aku tetap optimis dapat memperoleh hasil terbaik hingga penghujung akhir 2012 nanti, karena beberapa point penting simpulnya sudah kelihatan. Tinggal bagaimana cara menarik simpul tersebut agar benar-benar terbuka menjadi peluang sesuai kenyataan.

Untuk mencapai semua itu. Baik target rutinitas kantor maupun target bayangan dalam mempertahankan idealisme, aku telah mempersiapkan program-program pengiring. Di antaranya telah mempersiapkan materi yang siap digunakan sampai kapan pun, serta memanfaatkan sarana promosi melalui dunia maya (internet) yang kian efektif saja.

Bila pada tahun lalu dan sebelumnya aku hanya mengandalkan website dan promosi di media cetak, maka mulai tahun ini aku dan pasukanku siap melakukan perubahan cara kerja multimedia. Dengan biaya terjangkau, kini aku bisa memanfaatkan sarana internet 24 jam non-stop untuk mempublikasikan aneka produk dan jasa yang sudah siap dipasarkan. Melalui jejaring sosial aku akan fokus mendapatkan impact sebanyak-banyaknya. Baik dari segi jumlah iklan yang masuk maupun penjualan media secara tradisional ke lapak-lapak di seputar Surabaya dan sekitarnya.

Sarana Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lainnya merupakan tumpuanku untuk mengubah paradigma kantor yang cenderung konfensional dan hanya mau untung saja, tanpa rela mengeluarkan budgeting promosi. Untungnya jaringan perkawanan yang meliputi berbagai sektor dan latar belakang cukup memudahkanku memasuki rana yang selama aku khawatirkan. Semoga di tahun 2012 ini titik terang yang ada dipuncak langit mampu aku raih bersama timku, kemudian kunyalakan lebih terang lagi untuk membawa perubahan dan kemampanan yang aku dambakan. Yaitu menjadikan 2012 ini sebagai tahun prestasi. Insyaallah Tuhan mempermudah setiap langkahku ini. Amin… ya rabbal alamin… (arohman)