Suasana 80 kru chef Giant menyusun 6000 hot dog dalam rangkaian kata "GIANT" sebelum dinobatkan sebagai yang terpanjang dan terbesar oleh MURI.

ANDA pasti sudah cukup kenal dengan hot dog. Pengganjal perut ala Amerika ini sudah bukan merupakan makanan langka lagi di Indonesia, bahkan telah banyak yang memasukkannya sebagai menu favorit saat sarapan maupun santap siang. Hal itu terlihat jelas saat digelarnya pesta hot dog di atrium Maspion Squere Surabaya (30/6), dalam rangka memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) oleh Giant Hypermarket untuk kategori Merangkai Hot Dog terbanyak di Indonesia dan Dunia.
Menurut Michael Frans, project manager support Giant Hypermarket Surabaya, pembuatan rangkain hot dog terpanjang dengan ukuran panjang 10 meter dan lebar 7 meter itu terinspirasi karena belum adanya rekor MURI untuk kategori hot dog.
“Kegiatan ini dilaksanakan sepenuhnya oleh kru Giant Maspion Squere Surabaya dalam rangka mengisi liburan sekolah dan didukung sepenuhnya oleh para supplier,” tutur Michael kepada VENUS.


Ribuan hot dog ini berhasil masuk rekor MURI karena memenuhi standart mutu kesehatan dan penyajian.

Sementara itu Andy Wirawan (Store General Manager Giant Surabaya) mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang dilakukan anak buahnya. “Saya sangat salut atas keberhasilan kalian. Mudah-mudahan dengan semangat yang kita miliki, prestasi lain dapat diraih, sehingga kerja keras selama ini tidak sia-sia,” kata Andy saat memberikan sambutan penyerahan piagam penghargaan dari perwakilan MURI Semarang, disambut tepukan tangan oleh 80 orang kru sekaligus chef dan para pengunjung pusat hypermarket pertama di Surabaya ini.
Rangkaian hot dog terpanjang dan terbesar di Indonesia tersebut berhasil mendapat pengakuan nasional, setelah berhasil melalui tahap peninjau dari tim Museum Rekor Indonesia, “Dari peninjauan kami dalam proses pembuatannya, tim Giant telah memenuhi standart mutu dan penyajian hot dog yang benar dan hygienist. Misalnya menggunakan bahan yang terakreditasi dan para chefnya melengkapi diri dengan pengaman seperti masker, topi penutup kepala, kaus tangan, dan lain-lainya,” terang Ibu Andre, wakil dari MURI.
Untuk memecahkan rekor ini, Giant membentuk tim khusus yang terdiri atas 80 dengan masa pengerjaan kurang dari dua (2) jam. Dimulai pada pukul 09.00 dan selesai menjadi rangkaian tulisan GIANT sekitar pukul 11.00, kemudian ditahbiskan oleh tim MURI tepat pada jam 12.00.


Salah satu kru sedang meracik hot dog dengan bahan dan cara yang hygienist.

Habiskan Mayonaise 180Kg
Dalam prosesnya sendiri, tim Gian menghabiskan bahan-bahan antara lain: terigu 200kg, gula 12kg, fresh yeast 8kg, susu bubuk 16kg, improver 1kg, shortening/fat 8kg, butter 6kg, margarine putih 8kg, garam 3kg, endive 90kg, bawang Bombay 40kg, tomat 75kg, ketimun 70kg, sosis 6000pcs, mayonnaise 180kg, saos tomat 90kg, dan saos sambal 90kg. Sementara peralatan utamanya berupa loyang ada 200 buah dengan hasil akhir 6000 buah hot dog siap saji.


Segenap kru Giant berpose dengan piagam penghargaan MURI usai mencatatkan karyanya, rangkaian hot dog terpanjang dan terbesar di Indonesia.

Usai dinyatakan sebagai rangkaian hot dog terpanjang dan terbesar versi MURI, ke-6000 hot dog itu pun langsung diserbu oleh para pengunjung yang sudah mengantre sejak pagi. Untuk satu potong hot dog panitia hanya mengenakan Rp. 2.500. Padahal untuk tariff normal hot dog sekualitas itu dijual Rp. 6.000 per porsi.
Saya (yang mewakili majalah VENUS) yang turut mencoba menikmati sajian hot dog itu pun dapat menggoyang lidah dengan nyaman. Seratus persen sempurna. Semua bumbu dan bahan sangat terasa dalam adonan yang pas. Ya sosisnya, acar ketimunnya, maupun soas tomatnya yang terbungkus lipatan roti halus (bun) dapat berpadu dalam rasa yang benar-benar hot. Maka tak heran tak sampai 60 menit ke-6000 buah hot dog itu pun habis dibawa pulang oleh penikmatnya. (arohman)