Bosan dengan makanan berbahan mie yang sudah umum, tidak ada salahnya sekali-kali mencoba mie kocok ala Bandung, dan nikmati sensasi aroma serta rasanya…

Mie ayam, pangsit mie, lontong mie atau mi bakso, mungkin saja sudah cukup populer di Surabaya. Untuk mendapatkan makanan-makanan berbahan dasar mie tersebut tidak harus datang ke rumah makan atau kedai khusus, karena pembeli bisa menyanggongnya di sudut-sudut gang atau kampung untuk menantikan sang penjual mie keliling favorit lewat.
Lain halnya dengan menu mie kocok ala Bandung. Keberadaan penjual mie yang satu ini cukup langka bisa ditemui di kota pahlawan ini. So, VENUS pun menjelajah dan menemukannya.
Salah satu penjual mie kocok Bandung di Surabaya yang cukup punya nama dan berhasil ditemui VENUS adalah depot Mang Uci di jalan Walikota Mustajab (Ondomohen). Tak heran bila stan yang ukurannya tidak begitu besar ini selalu diluberi oleh mereka yang penasaran dan ngefans dengan mie kocok.
Depo Mang Uci ini juga selalu menjadi jujugan penggemar mie kocok, karena di samping letaknya di jantung kota, juga termasuk tempat makan khas baru yang menjadi bagian wisata kuliner di Surabaya yang sulit dijumpai padananannya untuk menu sejenis. Apalagi mie kocok bisa dikategorikan makanan khas Jawa Barat, atau makanan yang cukup punya nama di kota asalnya sana, Bandung. Mie Kocok ini baru hadir di Surabaya pada awal tahun (2008) ini lho..., pantas saja bikin penasaran banyak orang.
Mie Kocok Bandung Mang Uci cukup mempunyai daya magnet luar biasa, meskipun keberadaannya belum sampai setahun di Surabaya. Tiap hari pengunjung yang ingin mencoba makanan mie ganre baru cukup banyak. Baik saat makan siang atau malam, depot Mang Uci selalu penuh. Apalagi bila menjelang hari libur atau weekend, bisa-bisa kursi tamu meluber sampai trotoar pejalan kaki.

Rasa Pedas vs Es Cendol
Mie Kocok Bandung Mang Uci menghadirkan tiga menu andalan penggugah selera, antara lain Mie Kocok Daging Sapi, Mie Kocok Daging Ayam, dan Mie Kocok Kikil Sapi. Kebetulan, pas bertandang ke Mang Uci, VENUS mencoba Mie Kocok Kikil Sapi. Hhmmm… rasa dan kekenyalannya kikilnya pas sekali, tidak mengherankan bila menu yang satu ini paling banyak diantre pegunjung untuk dicoba.

Suasana depot Mie Kocok Mang Uci di Jl. Walikota Mustajab Surabaya, yang selalu ramai.

Secara performa, tampilan Mie Kocok Mang Uci tak ada bedanya dengan mie kocok kebanyakan. Dalam penyajiannya, mienya yang gepeng seperti mie pangsit, dihidangkan bareng taoge lengkap dengan kuah kaldu, plus tebaran daun seledri dan potongan jeruk purut yang menjadi kunci daya pikat selera. Uniknya, Mie Kocok Bandung Mang Uci terdapat tambahan butiran kacang tanah.
Bila enggan menyantap mie diiringi kikil sapi, bisa memilih dua alternative lain yang tak kalah enaknya. Tinggal pilih mau daging sapi murni atau daging ayam. Makin mantap lagi dengan tambahan sosis yang bergizi tinggi.
Mie kocok Mang Uci, cocok sekali bagi Anda yang gemar pedas. Karena pedasnya bukan hanya berasal dari adonan cabe, tetapi terasa sekali karena faktor mericanya yang lekat banget menyentuh lidah .
Se porsi Mie Kocok Bandung Mang Uci dihargai Rp.8.000. Bila Ingin menambah sosis, maka per satuannya harus ditebus dengan Rp.2.000. So tersedia lontong juga bagi Anda yang membutuhkan karbohidrat cukup banyak guna mengganjal perut.
Sebagai pendamping menikmati mie kocok, Depot Mang Uci juga menyediakan minuman khas Bandung, yaitu Es Cendol. Es khas ‘Sunda’ yang mirip dengan Dawet ini bisa menjadi penutup makan siang maupun makan malam Anda di Depot Mang Uci. Segelas Es Cendol cukup Rp.4.000. Setelah itu Anda pun pasti merasa terpuasi tanpa harus jauh-jauh melancong ke Bandung. Mie Kocok Mang Uci juga buka cabang kita Malang dan Medan. (arohman)