KEBANGGAAN luar biasa dirasakan MediaGuru, setelah dinobatkan sebagai yang terbaik dalam Anugerah Serah Tertib Undang-Undang Deposit Perpusnas 2019. MediaGuru dinilai paling aktif melaksanakan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. Serah terima penghargaan berupa piala dan piagam diserahkan langsung Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Dra. Ofy Sofiana, M. Hum kepada Pemred MediaGuru Eko Prasetyo., S.S., M.Ikom di Auditoriam Perpusnas Jakarta, Selasa (23/07/2019).

MediaGuru dipanggil nomor satu maju ke atas panggung untuk menerima penghargaan istimewa tersebut. MediaGuru tampil sebagai penerima penghargaan katagori monograf.

Dalam sambutan Ofy Sofiana mengungkapkan penganugerahan ini diberikan kepada pelaku, penerbit, dan produsen rekaman yang aktif menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan KCKR.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Pemberian Penghargaan Pelaksanaan Undang-Undang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam Tahun 2019. Perpusnas juga telah memberikan Anugerah Pustaka Nusantara dan Anugerah Mitra Perpustakaan Nasional kepada pihak-pihak yang telah berjasa dalam menyukseskan pelaksanaan Undang-Undang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam,” ujar Ofy.

Ofy menambahkan, sebagai lembaga pemerintah yang mengemban amanat Undang-Undang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, saat ini Perpusnas telah menerima dan menyimpan lebih dari 1.000.000 judul/eksemplar karya cetak dan rekam dalam berbagai bentuk. Ofy mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pihak yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan undang-undang tersebut.

MediaGuru dan penghargaan Perpusnas 2019
CEO MediaGuru Mohammad Ihsan dan Pemred MediaGuru
Eko Prasetyo bersama Piagam dan Piala Penghargaan dari
Perpusnas yang dibadikan di Lt 24 Perpusnas, Jakarta.
Di tempat yang sama, CEO MediaGuru Mohammad Ihsan mengucapkan terima kasih kepada Perpusnas RI atas apresiasi yang diberikan. “Kami tak lupa mengucapkan terima kasih kepada segenap alumni kelas Sagusabu dan Sasisabu MediaGuru, kelas editor, serta seluruh keluarga besar MediaGuru. Semoga Allah selalu meridai langkah dan perjuangan ini,” tuturnya.

Sementara itu, Pemred MediaGuru Eko Prasetyo menambahkan bahwa MediaGuru selalu berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong gerakan literasi membaca dan menulis di Indonesia, terutama di kalangan pendidik, pelajar, dan mahasiswa.

“Semoga dengan diterimanya penghargaan ini, semakin memotivasi kami semua untuk terus menggelorakan budaya menulis buku kepada setiap guru dan siswa, juga mahasiswa,” pungkasnya.