Ada banyak faktor yang bisa menjadikan sebuah karya foto bernilai lebih. Salah satunya dengan menatanya terlebih atau mengonsepnya. Selain untuk foto-foto produk, yang tampilannya dikesannya ‘sangat menarik’, hasil jepretan foto portet biasanya juga banyak dibuat berdasar skenario. Dalam hal ini swafoto atau foto foto bersama lebih dominan.

Sebagaimana yang telah banyak diketahui, fotografi adalah melukis dengan cahaya. Maka faktor cahaya bisa dimainkan untuk membuat foto lebih hidup dan bercerita sesuai skenario kita yang memotretnya. Dengan cahaya, subjek bisa dimainkan menggunakan lighthing untuk membentuk bentuk dan sebagainya.

Dalam foto model pun cahaya juga bisa dimainkan, bukan hanya untuk membuat dimensi serta ketajaman foto, melainkan juga untuk menciptakan efek tertentu pada bola mata. Mengapa bola mata? Karena mata dalam fotografi adalah titik fokus. Di mata seseorang bisa dilihat karakternya, demikian bila dikaitkan dengan unsur psikologi. Hehehe…

Baiklah, Kembali ke permainan cahaya dalam fotografi. Saya beberapa kali sudah membuat foto dengan memanfaatkan efek cahaya yang ada dan sederhana. Saya pun hanya menggunakan smartphone biasa dalam eksekusinya. Objeknya saya pilih kedai kopi, dan subjeknya tentu salah satu yang menurut saya menarik di dalam kedai tersebut.

Subjek yang saya pilih karena pasti ada adalah gelas berisi minuman kopi setelah dipesan. Mengapa harus pesan dulu? Karena otomatis itu sudah menjadi hak kita, dan boleh diapakan saja, termasuk difoto, hehehe. Nah, setelah mendapatkan segelas kopi, Langkah selanjutnya saya mencari tempat yang paling nyaman untuk ambil gambar. Tetap di meja yang saya pilih, atau pindah ke dekat meja bar dekat barista bekerja yang biasanya banyak unsur lampunya.

Saya kemudian meletakkan gelas kopi di atas meja, saya ambil menggunakan smartphone dari sisi atas. Saat ini saya bisa mainkan sumber cahaya datang untuk masuk ke permukaan air kopi di atas gelas. Kalo sudah mendapatkan sesuai gambaran yang kita inginkan, maka kita bisa langsung mengeksekusinya. Atau lebih banyak mengeksplor lagi dengan bentuk gambar lain, sesuai yang terlihat di permukaan gelas yang pasti akan berubah-ubah mengikuti setiap perubahan angle yang kita buat.

Contohnya adalah foto di atas. Saya sengaja menciptakan efek cahaya menjadi ‘icon tersenyum’. Gambarnya seperti wajah teresenyum sambil mendengarkan headphone. Cukup unik hasilnya. Dan saya puas membuat sekaligus membaginya untuk untuk Anda.

Selamat mencoba, dan mari terus berkreasi dengan foto.

Monggo mampir Youtube saya juga: 
http://youtube.com/arrohmanmail