Lama tidak jalan-jalan dan makan-makan, akibat tumpukan pekerjaan di kantor yang tak bisa ditinggalkan, membuat selera menciut. Buktinya, ketika mendapat undangan makan malam dari Humas ITC Mega Grosir Surabaya, tak sampai mencicipi banyak variasi makanan di sana. Padahal, di kompleks Food City, yang berada di Lt. 3 ITC Surabaya terdapat 80 stand/outlet/resto makanan-makanan enak berbagai macam jenis.

DATANG di ITC pasca Maghrib bersama seorang rekan kantor, kami berdua disambut oleh Ibu Avy Chujnijah dengan ramah, dan langsung mengajak ke Food City. Banyaknya menu pilihan membuat kami jadi bingung menentukan pilihan. Namun tak perlu waktu lama, kami pun diajak ke bagian agak ujung dari Food City. Di sana kami langsung dipersilakan duduk di Kedai ONENG (Spesial Penyet dan Nasi Goreng).



Ketika daftar menu diberikan, ada sekitar 35 jenis makanan, 8 jenis snack, dan 16 macam minuman. Saya agak bingung menentukan pilihan untuk menyesuaikan selera petang itu. Sementara kawan saya sudah menjatuhkan pilihan kepada seporsi Ayam Kremes dan Teh Botol, sedangkan sang tuan rumah hanya memilih Soda Gembira. Akhirnya aku pun memilih menu yang bisa menghangatkan tubuh, yaitu satu porsi Gulai Kambing dengan segelas jus jeruk.



Bicara mengenai Gulai Kambing, rasanya menjelang Idul Adha begini cukup cocoklah sebagai pemanasan dan penyesuaian lidah. Apalagi, Gulai Kambing di Kedai Oneng rasanya tidak terlalu “keras” sehingga masih tergolong aman bagi kesehatan.
Sebagaimana kebanyakan gulai kambing, aroma sajian menu ala timur tengah ini dominan oleh rasa rempah yang begitu mengigit. Dipadu dengan sepiring nasi, kuah gulai yang begitu menggiurkan itu terasa segar dan hangat sekali menggelontor tenggorokan. Gurih dan maknyusss. Sayang porsi isi (daging kambing)-nya cuma 3 potong, itu pun lengket di permukaan pecahan tulang tetelan. Namun, cukuplah untuk membasuh kerinduan untuk mengonsumsi makanan kelas berat seperti itu.
Sedangkan rekan saya, begitu mendapat seporsi ayam goring kremes dia langsung menyantapnya dengan tambahan sambal dan lalapan plus nasi. Sembari berbincang kami pun akhirnya dengan sempurna menyantap hidangan di Depot Oneng hingga finish pada kata “sampai jumpa lagi…”