Sekali waktu Anda bisa meluangkan waktu jalan-jalan ke Republic Food Court di Golden City Mall Surabaya. Di areal lantai 2 dalam mall yang berada di Jl. Abd Wahab Siamen 2-8 itu terdapat aneka menu istimewa yang layak dicoba untuk memanjakan selera kuliner Anda dan keluarga. Salah satunya adalah Waroeng Bandeng Kapasari Cak Teguh.

Untuk menemukan kedai ini tidaklah sulit, karena letakknya gampang diingat, yaitu di deretan paling pojok barat-utara areal food court. Di standnya ini, Cak Teguh biasanya menyediakan aneka menu berbahan dasar bandeng yang rasanya istimewa semua.

Ketika sempat bertandang ke sana, saya mencoba menikmati nasi gurih bakar isi bandeng. Menu ini dikemas sangat elok, yaitu nasi kuning dibungkus daun pisang kemudian sebelum disajikan dibakar terlebih dahulu. Setelah daun pisangnya gosong kekuningan kemudian disobek atau dipotong dan siap disantap.

Dalam nasi kuning tersebut, ketika dibuka di dalamnya terdapat abon bandeng yang rasanya manis-gurih. Sebagai pendampingnya disertakan juga sepotong tempe dan tahu goreng, telur asin, juga tak lupa seiris bandeng goreng tanpa duri. Bandeng gorengnya sangat lezat karena pengunjung tak perlu takut akan duri bandeng yang biasanya menjadi momok, terutama bagi anak-anak, karena semua produk bandeng di kedai Bandeng Kapasari semua sudah bebas duri. Apalagi bandengnya digoreng menggunakan sedikit kremesan dari bahan terigu, sehingga rasanya makin mantap. Pelengkapnya sambal istimewa yang disajikan dalam tempat terpisah.

Tersedia pula nasi gurih bakar biasa yang disajikan dengan semangkuk sayur asem yang segar. Keistimewaan sayur asem di depon Cak Teguh ini, kuahnya dicampur menggunakan kaldu bandeng sehingga asem-gurihnya berasa lain dari sayur asem kebanyakan.

Sebagai pemupus rasa haus, tersedia aneka minuman, baik teh, kopi, maupun jeruk, dan yang lainnya semua tersedia dengan harga sangat terngkau. Atau barangkali Anda mau membawa pulang menu-menu pilihan dari Waroeng Bandeng Kapasari, tinggal pesan saja, karena disediakan juga kemasan yang cantik menarik, sehingga dijamin pasti tak mengecewakan orang rumah.

Ya, itu sepenggal cerita kuliner ketika mampir ke Waroeng Bandeng Kapasari Cak Teguh di Golden City Mall. Masih ada menu lain yang akan saya share juga kepada Anda. Tunggu tulisan jalan-jalan kuliner saya berikutnya.
(arohman)