Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Soto Bebek bikin Gelegek

25 October 2010

Share this history on :
Soto bebek? Memang ada? Pasti ada. Ya. Di tengah teriknya kota Surabaya yang tak tertahankan, cuaca tiba-tiba saja redup. Semilir angin mengantarkan kesegaran suasana untuk memberi nuansa tersendiri dalam menikmati santap siang hari ini.

Di sekitaran kawasan Indrapura, tak jauh dari kompleks gedung DPRD Jawa Timur, di sana terdapat sebuah pujasera baru yang menawarkan aneka kuliner pemuas selara. Lebih dari 30 stand berderet berhadapan dengan puluhan pilihan menu andalan. Salah satunya adalah Nasi Lontong Soto Bebek ”Kwek”.

Bagi Anda pecinta kuliner pasti tak akan segan untuk mencobanya. Rasanya juga cukup sedap untuk dijadikan santapan segala suasana, khususnya sebagai panghangat ketika cuaca tengah redup.

Bentuk kuah dan rasanya sama dengan soto ayam. Hanya saja, kaldunya lebih kuat, sehingga tampak lebih pekat. Irisan daun seladri dan bawang daun makin memperkuat aroma akan soto bebek ini.

Bebek yang digunkan sebagai isi soto merupakan bebek itik, sehingga keempukan dagingnya bisa dijamin lumer di mulut. Meski pun dagingnya melekat pada tulang-tulang tertentu, tetapi semuanya mudah copot sehingga sangat nyaman saat mengonsumsinya.

Dalam menghidangkannya, soto bebek disajikan terpisah dengan lontong ataupun nasi pesanan kita. Seporsi soto bebek dimasukkan dalam sebuah mangkuk. Kemudian nasi atau lontong yang sudah diiris diletakkan pada piring terpisah. Di sana sudah ada kerupuk udangnya dalam satu paket. Sebagai penambah selera, disertakan irisan jeruk nipis dalam tempat kecil tepisah dan potongang cabe rawit. Tak lupa juga kecap manis dan asing untuk menghalau amis daging bebeknya.

Untuk Anda yang gemar pedas bisa langsung memasukkan irisan jabe ke dalam kuah kemudiah mengaduknya sebelum menyantapnya. Namun yang kurang gemar pedas bisa menanggalkan si penambah selera ini, sehingga rasany tetap original.

Satu poresi soto bebek ini dibandrol Rp. 10.000,- harga yang relatif murah untuk sebuah menu makan siang yang istimewa. Sebagai pendampingnya tersedia aneka minuman. Kebetulan menu soto bebek ini cocok disandingkan dengan segelas es jeruk manis yang dihargai Rp. 5000 per gelas. Murah dan nikmat bukan...? So, soto bebek ini pasti bisa Anda gelegek atau sendawa kekenyangan. (arohman)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar: