Alhamdulillah aku masih memiliki punden kedua. Beliau adalah ibu mertua. Lebaran tahun ini anak-anak dan istri kuajak menikmati hari terakhir puasa dan takbiran di kediaman mertua di Jombang.

Sebelum bapak mertua wafat aku juga sangat akrab dengan bapak keduaku. Beliau sangat sabar dan motivasinya sangat tinggi kepadaku dan istri. Alhamdulillah apa yang kami raih saat ini tak lepas dari tangan dinginnya. Di samping bapak mertua, emak (embah perempuan dari istri) juga sangat berperan membantu kami sejak memulai berumah tangga. Kesabaran dan kasih sayangnya ditumpahkan untuk dua cicitnya Alif dan Olif hingga beliau berpulang tak berselang lama dari kepergian ibu kandungku.

Kini otomatis tinggal ibu mertua. Beliau pensiunan PNS guru SD. Kami kerap merepotinya bila harus bertugas keluar kota. Kami kerap memintanya untuk ke Surabaya guna menemani Alif dan Olif yang kami tinggal bekerja.

Pada usianya yang semakin sepuh kami tetap saja merepotinya. Tapi beliau selalu senang bila kami mintai pertolongan.

Ya Allah karuniakan kesehatan untuk beliau. Panjangkan umur punden keduaku. Sehingga kami selalu ada alasan mengurangi kesibukan kami untuk menjenguknya dan mengajaknya sekadar menikmati kebersamaan bareng anak-anak dan cucunya.

Amin... ya robbal alamin...

King Abdul Aziz Jeddah, 9 Juni 2019

Arohman