Gajah tunggangan ini dapat dinaiki dengan membayar tarif Rp. 10.000 per orang untuk sekali putar.

BERLIBUR dengan mendapat pengetahuan baru adalah tujuan dari setiap karyawisata. Anda dan keluarga bisa memperolehnya di tengah libur panjang tahun ini, dengan mengunjungi Kebun Binatang Surabaya.
Rekreasi yang menyenangkan tak melulu harus melancong jauh ke luar kota atau luar negeri dengan biaya jutaan rupiah. Di tengah kota Surabaya, ternyata juga memiliki alternatif tempat melepas penat dan stres --yang bukan hanya memberi hiburan, tetapi juga memiliki unsur edukatif--, seperti di Kebun Binatang Surabaya (KBS).
Di tempat penangkaran hewan langka dan dilindungi seluas 15 haktare yang berklokasi di sebelah Terminal Joyoboyo, Surabaya tersebut, Anda dan keluarga dapat bersantai melupakan kesibukan harian dengan menyimak keunikan aneka satwa dari penjuru tanah air dan dunia sembari mengenal lebih jauh tentang masing-masing karakter hewan. Sekadar diketahui, sampai saat ini, KBS memiliki lebih dari 351 spesies yang terdiri atas 2.800 binatang lebih. Dan, KBS sendiri sudah ada sebagai taman satwa dan botani sejak tahun 1916 atas jasa seorang jurnalis Belanda bernama H.F.K. Kommer.


Peta KBS mempermudah wisatawan mencari lokasi satwa favorit.

Tempat Wisata Keluarga
Pada hari libur (hari Minggu dan libur nasional) KBS selalu dipadati pengunjung. Mereka berdatangan dari dalam kota Surabaya sendiri, maupun para wisatawan luar kota dan luar negeri. Rata-rata yang menghabiskan waktu liburan di KBS kebanyakan datang berombongan atau sekeluarga.
Daya tarik KBS memang ada pada taman satwa dengan keanekaragaman binatangnya. Di samping itu, pepohonan yang rindang penuh kesejukan yang menaungi yang berada di dalamnya, sehingga tak perlu membawa payung atau mengenakan sunblock untuk menghalau terik matahari. Bahkan tidak sedikit para keluarga yang datang sudah berbekal tikar dan aneka makanan dari rumah.
Untuk masuk lokasi wisata KBS, setiap orang dikenakan tiket Rp. 10.000 (usia 3 tahun ke atas). Namun untuk menikmati fasilitas lain yang terdapat di dalam seperti Taman Bermain, Aquarium & Nocturama, Naik Perahu Air, Naik Gajah/Kuda, beberapa fasilitas lainnya, pengunjung harus merogoh kocek kembali untuk membeli karcis khusus rata-rata Rp. 3.000 setiap orang per tempat.
Areal KBS memang sudah didesain khusus untuk wisata keluarga. Di setiap sudut hampir tersedia tempat peristirahatan yang nyaman guna digelari tikar untuk duduk santai sambil menikmati bekal makanan dari rumah. Fasilitas umum lain di dalam KBS juga cukup terawat bagus, seperti rute jalan yang diaspal dan paving tampak begitu terawat. Juga fasilitas musalah dan toilet yang memadai bagi setiap pengunjung.


Wisatawan tampak santai melepas lelah dengan rebahan di bawah rindang pepohonan dalam areal KBS.

Serunya Naik Gajah
Gajah termasuk binatang favorit para pengunjung KBS. Selain terdapat beberapa gajah di dalam kandang khusus, ada pula areal untuk dapat menaiki binatang besar itu. Untuk dapat menaiki punggung gajah, setiap orang dikenakan tarif Rp. 10.000, dan dibatasi 4 penumpang per gajah dengan dipandu seorang pawang.
Untuk sekali naik, gajah akan dibawa sang pawang berputar mengitari lapangan seluas kurang lebih 200 meter persegi sekali jalan. Para pengunjung juga diberi kesempatan berfoto di atas punggung gajah sebelum turun dengan segala kenangan unik menaiki hewan darat terbesar dan terberat di dunia itu.
Selain gajah, ada lagi binatang yang disewakan untuk dinaiki, yaitu kuda jenis Sumba. Kuda berukuran agak pendek ini juga bisa disewa dengan didampingi pawang mengitari lokasi yang sudah ditentukan. Tarifnya sama dengan naik gajah, plus bisa berpose di atas punggung si kuda laiknya seorang Cowboy.


Beruang madu, binatang lucu yang banyak menyita perhatian wisatawan.

Taman Hiburan Edukatif
Bagaimana Anda tertarik untuk berpiknik ke KBS? Ya, tak ada salahnya sesekali menyempatkan diri datang bareng keluarga di Kebun Binatang yang pernah berpredikat sebagai yang terbesar dan terlengkap se-ASEAN ini.
Inilah taman hiburan yang sekaligus dapat Anda jadikan sebagai wahana pendidikan bagi anak-anak untuk memperkenalkan berbagai jenis binatang dan keunikannya. Di KBS ini, Anda bisa menginformasikan kepada anak Anda mengenai jenis binatang buas seperti harimau, singa, buaya, ular, dan lain sebagainya. Anda juga dapat memperkenalkan beberapa jenis binatang air, seperti ikan hias (baik air tawar maupun laut) di dalam Aquarium, penyu, kura-kura dan lain-lainnya.
Anda pun dapat memperkenalkan berbagai binatang malam yang terdapat dalam Nocturama. Atau beberapa binatang langka yang telah diawetkan dalam Diorama, serta banyak lagi sangkar khusus dengan penghuninya binatang-binatang langka yang tak dapat ditemui di tempat lain, kecuali di habitat asalnya.
Jadi, kini Anda tinggal menyiapkan waktu luang untuk mengajak anak dan keluarga berpiknik murah sambil belajar dunia satwa di Kebun Binatang Surabaya. (arohman)