BAGI Anda yang ingin menyaksikan kemeriahan secara langsung pagelaran Festival Jajanan Bango 2008 di Surabaya hari ini (10/5), sepertinya tak perlu ragu lagi. Langsung datang saja deh! Apa saja yang perlu Anda persiapkan? Berikut beberapa tipsnya, agar kesempatan Anda menikmati wisata kuliner langka ala Kecap Bango di Surabaya bisa berjalan nyaman?
Yup, Surabaya kembali mendapat kehormatan menjadi salah satu kota tempat diselenggarakannya Festival Jajanan Bango 2008. Di kota buaya yang cukup gerah ini, sama seperti setahun lalu bakal menjadi saksi sejarah, sebagai tempat digelarnya makanan juara. Setidaknya ada 80 makanan khas rasa juara yang tahun ini coba diusung dalam gelaran festival termegah tahun ini. Ditampilkannya jumlah 80, merupakan bentuk dari apresiasi Kecap Bango sebagai sponsor acara, yang tahun ini bertepatan dengan 80 tahun produk ini berkiprah.
Nah, untuk penyelenggaraan FJB di Surabaya tahun ini, dijamin suasananya akan lebih semarak daripada tahun sebelumnya. Pasalnya, FJB 2008 bertepatan dengan pesta HUT Kota Surabaya yang ke-715. Tak tanggung-tanggung orang nomor satu di Surabaya, Drs Bambang DH, M.Pd akan membuka secara resmi pagelaran wisata kuliner ini, serta akan disemarakkan pula oleh bintang tamu artis ibukota asal Malang, Yuni Shara, dan aneka acara hiburan lainnya.
Tentu Anda akan mendapati sebuah pesona tersendiri dengan hadir di arena FJB, di Lapangan (Makodam V) Brawijaya, Jl. Hayam Wuruk Surabaya, mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB, hari ini.
Bagi Anda yang ingin menikmati wisata ala FJB 2008 secara aman dan nyaman, berikut beberapa tipsnya:

1. Bagi Anda yang datang dari luar kota, tak perlu takut tersesat. Karena untuk mencapai lokasi di Jl. Hayam Wuruk terdapat beberapa alternatif alat transportasi. Misalnya;
(a). Bagi Anda yang hadir di Surabaya menggunakan pesawat, maka dari Bandara Juanda Anda bisa langsung menggunakan taksi untuk menuju Stadion Brawijaya.
(b). Yang menggunakan fasilitas jalan darat dengan bus antarprovinsi, setiba di Terminal Purabaya (Bungurasih) atau Terminal Osowilangun Anda bisa berganti menggunakan bus kota jurusan Terminal Joyoboyo, lalu dilanjutkan dengan naik becak.
(c). Anda yang menggunakan jalur laut, setiba di Dermaga Tanjung Perak, langsung bisa beralih ke Bus Kota.

2. Sebagai antispasi, sebaiknya Anda berbekal payung atau mantel antihujan. Sebab, cuaca Surabaya belakangan ini tidak bisa ditebak. Dengan berbekal payung, sekaligus bisa diamanfaatkan untuk menghalau panas atau hujan, jadi Anda dapat senantiasa nyaman dalam menyambangi FJB di Makodam.

3. Sediakan uang pecahan kecil yang cukup. Ini sebagai antisipasi dalam antrean membayar di setiap stand. Semakin banyak pecahan yang Anda siapkan, semakin cepat pula Anda dapat menikmati sajian dari setiap stand jajanan. Apalagi harga setiap porsinya rata-rata murah, kok.

4. Yang lebih penting, selalu sediakan cela kosong dalam perut Anda. Artinya, Anda harus bisa mengatur selera dalam setiap mencicipi menu juara. Boleh saja Anda menemukan makanan favorit, namun harap dibatasi saat menyantapnya, sehingga Anda mampu mengakomodir setiap menu juara tersebut untuk menikmatinya. Falsafahnya, dengan datang ke FJB lidah kita harus semakin cerdas, sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Bondan Winarno dalam sebuah buku seri kuliner.

5. Bagi Anda anggota milis bangomania, sepertinya ini ajang yang paling pas untuj jumpa darat. Pasti teman-teman pada ngumpulk. So, langsung saja ke tenda panitia untuk konfirmasi dimana tempat pertemuan bangomania.
Oke, itu dulu tipnya. Semoga Anda benar-benar menikmati pagelaran FJB di Surabaya tahun ini. Ayo terus lestarikan wisata kuliner nusantara. (arohman)