ANDA bingung hendak makan di mana ketika dolan (main, liburan) ke Surabaya? Sepertinya kekhawatiran tersebut tak perlu lagi. Sebab telah ada buku panduan mencari tempat makan yang enak dan khas di Surabaya. Buku tersebut berjudul Waröëng Cangkrukan Suroboyo.
Dalam buku setebal 150 halaman ini terdapat kurang lebih 140 tempat makan lengkap dengan dena lokasi dan fotonya. Di samping itu, Anda yang hobi makanan tertentu tinggal mengurutkan saja sesuai daftar menu di susunan halaman. Misalnya Anda yang gemar makan bakso, maka langsung bisa mendapati resto, warung, maupun bedeng pinggir jalan bakso terfavorit. Begitu pula ketika Anda menginginkan soto, tinggal buka halaman 17 – 28 maka Anda akan mendapati aneka soto; dari Soto Ambengan Pak Sadi yang begitu melegenda itu hingga Soto Madura Wawan yang buka cabang di Jl. Mayjend Sungkono Surabaya.
Pada buku yang dicetak full colour ini sedikitnya ada 12 kategori makanan, antara lain Bakso, Soto, Bebek, Pecel & Rawon, Khas Suroboyoan, Ayam, Mie, Depot, Sate & Gule, Ikan, Es, dan Non Suroboyo.
Jadi, disamping dapat dijadikan guide book wisata kuliner di Surabaya, buku Waröëng Cangkrukan Suroboyo ini juga bias dijadikan souvenir khas sebagai oleh-oleh dari Surabaya. Sayangnya kualitas cetak dan harga jauh dari harapan. Begitu pula isinya, kurang bisa memberikan gambaran sebenarnya kekhasan makanan dari warung-warung cangkrukan yang disebutkan, kecuali hanya lembar alamat dan peta petunjuk lokasi yang sangat sederhana. Jauh dari nilai buku itu sendiri.
Namun itulah sebuah hasil usaha dari trio (Cap Pras, Cak Roes, dan Cak Sis) yang telah menghadirkan buku ini ke tengah-tengah kita dan perlu kita beri apresiasi tersendiri. Tentu kehadiran buku ini sangat berarti bagi para penghobi wisata kuliner, khususnya di Surabaya. (arohman)