www.arrohman.blogspot.com JIKA Anda pernah mencicipi sebuah bakpao dengan kenikmatan rasa yang tak berubah walau dalam masih hangat atau sudah dingin, bisa jadi memang yang sedang Anda kecap itu bakpao Niu Ming.
Tak seperti bakpao yang ada di jalanan Surabaya dan sekitarnya, bakpao Niu Ming mempunyai keunggulan tiada tertandingi. Di saat bakpao lain yang mempunyai karakter tak nikmat lagi jika dalam kondisi tidak hangat, berbeda dengan Niu Ming yang tetap terjaga aroma dan rasanya meski dalam keadaan tidak hangat lagi.
Ketika menegok eksistensinya di dunia makanan, tak heran bila bakpao Niu Ming mempunyai ragam keunggulan. Niu Ming hadir sebagai pilihan jajanan di Surabaya sudah sejak 24 tahun lalu. Bermuara dari sebuah hobi masak-memasak yang dirintis, Rosy Handayani hingga kepincut pada sebuah makanan khas Chinese bernama bakpao ini. Awalnya hanya melayani pesanan kerabat, teman, tetangga, sampai beberapa saudara itu menggiringnya pada dunia bisnis yang lebih dikomersilkan untuk khalayak umum.
Seiring waktu berjalan, prospek usaha yang dirintis sejak kisaran 1982 silam itu menandakan sinyal positif untuk lebih dikembangkan kemudian. Tetap menjaga taste ciri khas Niu Ming dengan kombinasi aneka rasa sesuai selera, cukup mampu mengusungnya pada deretan makanan khas dan nikmat di Surabaya.
Dalam pengembangan usaha di awal pendiriannya, setidaknya lima rasa khas bakpao yang disajikan bagi konsumen penikmat rasa. Cicipi saja aneka rasa Niu Ming seperti ayam, kacang, tauso, dan jasio. Tak lama berselang ada tambahan menu rasa baru hingga sembilan menu seperti ayam jamur, coklat, dan keju.
Setelah tren bakpao dengan pasar yang konsisten, pengembangan pun dilakukan Rosy Handayani dengan menyentuh menu jajanan lain yang tak kalah nikmatnya. Kroket, resoles, sio may, dan kek yan, mulai ditawarkan dan mendapat sambutan dari para customer lawas maupun pelanggan yang baru mengenalnya.
Dari sekian menu yang ada, rasa ayam boleh dibilang sebagai primadona bagi pengunjung. Tidak mengherankan bila bakpao mini Niu Ming itu menjadi andalan dikarenakan sebagai menu utama. Sementara itu, rate harga yang ditawarkan bakpao dan jajanan lain di Niu Ming berkisar antara Rp. 2.900 sampai 5.250.
Karena eksistensi rasa yang tetap terjaga dari tahun ke tahun itulah tak heran bila konsumen fanatik seperti instansi, atau organisasi tetap setia mengidolakan makanan tersebut baik dari Surabaya sendiri, Jakarta, Solo, dan beberapa kota lainnya meski via pesanan (karena belum buka cabang luar kota).
Di Surabaya, bakpao Niu Ming tersebar di Jl. Kusuma Bangsa 51 E, Jl. H.R. Muhammad blok C 76-77 (pertokoan Surya Inti II), food court Galaxy Mall, Pasar Atom. Sementara itu order via mobil keliling bisa dijumpai di Jl. Darmo Permai Timur, Jl. Panjang Jiwo, Jl. Manyar Kertoarjo.
Bagi Anda yang ingin memesan bakpao untuk sebuah hajatan atau even khusus, tetap dilayani tanpa batasan order tertentu. Kalaupun butuh pesanan khusus dengan ukuran yang spesial jumbo semisal untuk acara ulang tahun, tetap tersanggupi.*