Anda ingin memanjakan lidah dengan sajian kepiting bercita rasa tinggi, ada baiknya meluncur ke warung Kepiting Spesial Anyar milik Bu Lina, 31 tahun. Di sana, Anda akan mendapatkan sajian aneka kepiting yang dijamin bisa memuaskan selera.
Tak sulit menjangkau warung Kepiting Spesial Anyar milik Bu Lina, karena lokasinya strategis dan berada di pinggir jalan raya. Tepatnya, di jalan Manyar 48, Surabaya. Warung sederhana itu menempati lahan cukup luas di depan pertokoan.
Bagi pengunjung, ada aneka masakan khas kepiting yang bisa dinikmati di warung yang berdiri sejak tahun 2006 itu. Di antara menu khas itu adalah Kepiting Saos Padang, Kepiting Asam Manis, Kepiting Saos Mentega, Kepiting Saos Rendang, dan Kepiting Steam. “Sebenarnya, yang paling khas di sini, Kepiting Saos Padang. Tapi kebanyakan pembeli lebih suka yang Kepiting Asam Manis,” ujar Lina, sang pemilik.

Menariknya, di warung ini pengunjung juga bisa memilih sendiri kepiting yang akan dimasak. Pengunjung dipersilakan memilih kepiting yang kecil, jumbo, atau super jumbo. Setelah itu, kepiting ditimbang, dibersihkan, lalu dimasak. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit, pengunjung sudah bisa menikmati hidangan kepiting special pesanannya.
Biasanya, bagi pengunjung yang tak mau menunggu terlalu lama akan menelpon dulu untuk pemesanan. Nah, begitu datang, pengunjung tinggal menikmati hidangan yang sudah tersaji. “Yang paling lama dalam pengolahan kepiting itu proses membersihkan karena kepiting yang diambil masih segar dan butuh dicuci hingga bersih,” terang ibu dua anak tersebut.
Rata-rata, pengunjung merasakan rasa yang khas pada bumbu kepiting. Seperti bumbu kepiting asam manis yang sangat kental rasa asam manisnya. Menurut Lina, ia memang menggunakan rasa asam itu asli dari buah sehingga terasa segar.
Warung Kepiting Spesial Anyar ini buka mulai pukul 17.00 hingga 23.00 setiap hari, kecuali hari Senin karena libur. Harga setiap porsi bermacam-macam. Untuk porsi kecil super seharga Rp 33.000, sedang porsi kecil telur seharga Rp. 40.000. Sementara, porsi besar super seharga Rp. 60.000, porsi besar telur seharga Rp.75.000, dan porsi besar super telur seharga Rp. 100.000. Lumayan terjangkau bukan…?
Menurut Lina, setiap hari lebih dari 10 kilogram kepiting diolahnya untuk memenuhi selera pelangganya. Bahkan, jika malam Minggu kebutuhannya bisa lebih banyak. Dari penjualan itu, Lina mengaku rata-rata omzet yang didapat antara mencapai 2 juta lebih per hari. Nah, Anda penasaran. Silakan datang langsung ke warung Kepiting Spesial Anyar di Jalan Raya Manyar 48, Surabaya ini. Dijamin ketagihan deh…