Menu makanan tradisional tetap memiliki sejuta kesan di dalamnya. Baik dalam hal rasa maupun penampilan, sajian-sajian khas daerah memiliki cita rasa dan cukup mampu membikin lidah ketagihan. Lagipula, dengan berpuluh jenis dan ratusan menu selera nusantara tentu akan kian menjadikan lidah kita pintar dibuatnya.
Salah satu menu tradisional namun cukup dikenal di nusantara adalah pecel. Makanan dengan komposisi bumbu kacang, kulupan sayur godok, dan rempeyek ini selama ini popular sebagai menu khas Jawa Timuran (Madiun maupun Ponorogo). Meskipun di daerah sekitarnya juga memiliki juga pecel sebagai makanan keseharian yang merakyat.
Di Surabaya, menu pecel ini pun sudah menjadi marek tersendiri. Contohnya Pecel Bu Kus. Di Rumah Makan yang sudah memiliki tiga cabang gerai ini, pecel benar-benar menjadi favorit pilihan pengunjung. Hampir setiap jam makan siang, juga waktu jedah lainnya, depot utamanya yang berada di jalan Baratajaya ini selalu dipenuhi penikmat pecel. Walaupun di sana juga tersedia menu masakan nusantara lainnya, seperti Rawon, Nasi Campur, Kare Ayam, Nasi Urap dan lain-lainnya.


Porsi Maksimal, Harga Minimal
Satu porsi pecel Bu Kus sangatlah memuaskan. Apalagi kalau disantap untuk makan siang, karena porsinya cukup banyak. Dalam seporsi pecel Bu Kus terdapat beberapa pelengkap yang menumbuhkan selera. Dikemas di atas pincuk daun pisang berlapis piring, seporsi nasi putih punel di atasnya kemudian diberi kulupan berupa daun singkong, taoge, potongan kacang panjang, dan biji lamtoro, baru setelah itu disiram bumbu pecel yang pekat.
Makin merangsang air liur karena masih ditambah lagi serundeng, kering tempe dan cecek goreng, serta daun kemangi. Yang tak boleh ketinggalan tentu adalah rempeyek kacang campur teri. Semakin komplet dengan pilihan lauk dadar jagung, empal daging, maupun lauk lainnya.
Untuk seporsi pecel standar dibandrol Rp. 7.500, sementara lauknya dihitung sendiri sesuai jenis lauk pilihannya. Khusus bumbu pecelnya tampak lebih bersih yang kemungkinan memiliki tambahan khusus, sehingga tidak segelap bumbu-bumbu pecel lainnya.

Minuman Segar Berkhasiat

Sebagai penyanding makan pecel, tersedia minuman berkhasiat seperti sinom maupun beras kencur, kunir asam, temulawak, maupun sari kedelai. Atau bisa juga memilih minuman lain seperti es jeruk, teh manis, maupun lainnya.
Rasa beras kencurnya begitu terasa dan langsung bisa menghangatkan tubuh, meskipun dalam penyajiannya dihidangkan dengan es batu. Demikian juga dengan sinomnya terasa aslinya, tampak dari pekatnya warna sebelum dicampur es. Segelas es beras kencur, kunir asem, sari kedelai, dan temulawak masing dibandrol Rp. 4.000-an.
Ingin mencoba kelezatan Pecel Bu Kus yang sudah berediri sejak tahun 1993 ini Anda bisa datang ke Jl. Baratajaya XX No. 110 Surabaya sebagai pusatnya. Atau bisa juga ke cabang-cabangnya di Jl. Kutai No. 30 Surabaya, Jl. Cendrawasih No. 12 Surabaya, maupun Jl. Mayjend Sungkono No. 31 Surabaya. (arohman)