Lontong Cak Gomeh memang serupa tapi tak sama dengan Lontong Sayur. Tapi lain halnya bila sedang ngidam, maka asal mirip ya nggak papa deh. Inilah yang saya temui saat santap siang di kantin MIPA Unesa, kampus Ketintang Surabaya.

Ketika jam makan siang mulai beranjak dan perut keroncongn sudah berirama merdu, mau tak mau harus segera diisi agar tak sampai terserang masuk angin dengan mampir ke Depot Bu Kus. Untuk menyiasati selera makan yang beberapa hari ini menurun, membangkitkan gairah makan harus dipadukan dengan menu yang pas dan jarang ditemui sehingga mampu menghadirkan keinginan makan. Dan, setelah menimang-nimang beberapa pilihan, di antaranya Gudeg dan Lontong Cap Go Meh, opsi saya pun jatuh ke yang nomor dua.

Lontong Cap Go Meh kamuflase. Ya, saya katakan demikian karena apa yang tersaji dalam menu siang ini hanyalah irisan lontong dengan sayur lodeh manisa, tahu dadu, plus opor ayam. Padahal biasanya Cap Go Meh asli ada sayur lodeh yang berisi aneka sayur rebung, kacang panjang juga terong, lalu udang, irisan telur rebus, sambal goreng ampela dan sambal poyah yang khas. Tapi, untungnya, rasanya tetap sedap meski cenderung agak manis bagi lidah-lidah Surabaya saya.

Lontong Cap Go Meh sendiri merupakan menu khas orang Tiongkok, yang biasanya disajikan pada hari ke-15 pasca Imlek. Tak ubahnya seperti ketupat dalam tradisi orang-orang Melayu dalam merayakan Lebaran, Lontong Cap Gomeh secara tradisi merupakan bentuk ungkapan syukur masyarakat. Cap Go Meh secara khusus mengimplementasikan bentuk syukur atas hasil panen yang berkecukupan. Dan, kini bagi kita yang di Indonesia, khususnya di Surabaya, Lontong Cap Go Meh telah menjadi bagian dari kuliner universal di negeri ini, dan bisa ditemui kapan saja.

Secara rasa, Lontong Cap Meh Bu Kus ini lumayan enak. Kuahnya cukup banyak sehingga memberikan sensasi sendiri ketika menyantapnya bersama lontongnya yang padat namun lumer. Belum lagi sayurnya yang sedap disuap bersama tahu dan ayam opor yang gurih. Cocok untuk memancing selera bagi yang kehilangan nafsu makan. Jadi, tak ada salahnya menyantap Lontong Cap Go Meh kamuflase ala depot Bu Kus di Kantin MIPA Unesa ini. Silakan coba, pasti ingin nambah.... (arohman)