Bertandang ke Food Corner di JMP 2 Surabaya lantai 4 sungguh memberikan pengalaman rasa yang berbeda. Setelah bertemu menu-menu biasa di beberapa food court di mall-mall besar se-Surabaya, kali ini saya mendapatkan sensasi yang cukup berbeda, yaitu Nasi Babat Gongso Pete.

Sesuai namanya, bahan utama makanan ala jawa timuran ini terdiri atas babat atau jeroan sapi yang bentuknya mirip handuk. Babat yang direbus kering kemudian diiris kecil-kecil lalu digoreng atau digongso tak ubahnya oseng-oseng bersama bumbu lain. Untuk pilihan biasa, tentu hanya berisi babat, sementara yang special ditambah dadar telur dan irisan pete.

Cara menghidangkannya, begitu babat bersama bumbunya masak dan beraroma sedap, khususnya yang disertakan pete, lalu dituang di atas piring. Sebagai pendampingnya adalah nasi putih yang punel. Makannya bisa dicampur langsung jadi satu seperti makan menggunakan lauk-kuah, atau dipisah. Sementara bagi yang tidak menghendaki nasi bisa juga digado atau hanya memakan oseng-oseng babat saja.

Di Depot Sari Segar (SS) masih tersedia banyak menu pilihan lainnya, di antaranya ada nasi goreng, penyetan, nasi pecel, nasi urap, rawon, kremesan, sayur asem, karedok, juga anek java steak, dan masih banyak lagi menu lainnya. Demikian pula dengan minumannya. Tersedia puluhan jenis jus dan minuman lainnya. Anda ingin mencoba, silakan mampir ke Depot SS Babat Gongso di Food Corner JMP 2 lt 4. (arohman)