MINUM kopi banyak manfaatnya. Salah satunya dapat meningkatkan fokus atau daya konsentrasi. Manfaat ini bisa didapatkan dari minum kopi, karena dalam kopi mengandung banyak senyawa penting, satu di antaranya adalah kafein.
SIMAK VIDEO di Sini: https://youtu.be/BaTdZ-_gQw0.
Kandungan kafein dalam kopi inilah yang mampu menstimulus fungsi otak, sehingga daya fokus seseorang dapat semakin meningkat. Beberapa penelitian menyebutkan, fakta ini didapat saat kafein yang terbawa aliran darah berinteraksi dengan reseptor adenosin dan merangsang produksi seretonim, dopamine, dan nonadrelanlin. Tiga senyawa inilah yang disinyalir mampu membuat seseorang tetap fokus dan waspada. Dan yang penting lagi, ketiga senyawa tersebut juga dapat membantu memperbaiki suasana hati.
Tapi, yang jelas bukan alasan ilmiah ala profesor ini yang melandasi saya menjadi pecinta kopi. Manfaat yang luar biasa di atas tak lain merupakan bonus bagi saya. Selain itu, anggap saja itu semua bagian dari proses panjang kopi yang begitu mengasyikkan untuk diikuti, dipelajari, dinikmati, bahkan ditulis seperti sekarang ini.
So, saya pun mencoba mengulik salah satu bagian dari proses kopi sebagai wahana bisnis dan peluang usaha, dengan mengunjungi langsung seorang roster sekaligus barista yang juga owner KOFIND.CO. Dari dialah sebenarnya saya banyak belajar tentang kopi, meskipun tetap ‘dedel’ tak mampu memahaminya bak penggila kopi beneran ala film ‘Filosofi Kopi’ . Tapi, tak apalah, yang penting saya sudah bisa membedakan antara kopi robusta dan arabika, mengenali Capucino atau Mokacino, dan yang paling penting ialah bisa menyeduh kopi sendiri, untuk dinikmati sendiri juga. Hehehe
Kalau mau tahu lebih banyak tentang kopi, citarasa, dan sejenisnya, ikuti saja sampai tuntas video saya di  YOUTUBE ini: https://youtu.be/BaTdZ-_gQw0.