Bila Indonesia mempunyai kopi mahal yang dikenal dengan nama Kopi Luwak, maka dari luar negeri ada Kopi Geisha. Ini merupakan varian kopi pilihan yang sudah diakui dunia, wabil khusus bagi pecinta dan penikmat kopi.

Yang membedakan dari kedua kopi istimewa ini adalah proses dan asal geografisnya. Kopi Luwak diproduksi secara alami lewat bantuan binatang luwak. Sedangkan Geisha lebih pada faktor lokasi alam, yang kebetulan hanya dimiliki oleh negara tertentu, seperti Panama di Kawasan Amerika Utara.

Keistimewaan kopi Geisha ada pada cita rasa hasil seduhan yang menghasilkan rasa buah-buahan, bahkan terkesan seperti minum jus buah. Tak heran bila harga untuk menebusnya pun cukup mahal. Selain sudah memenangkan kompetisi kopi dunia, kapasitas produksi yang tidak banyak, membuat kopi ini dibandrol sampai tembus 2.000 dollar AS atau sekitar Rp28 juta per kilogram.

Belum lama ini, saya sempat mencicipi kopi Geisha dari Reuben Hills Coffe Panama Hacienda la Esmeralda Noria 5. Kopi ini berasa red fruit, black tea, and floral. Di Kedai Kofind Coffee beberapa pelanggan dapat menikmati kopi Geisha sebagai kopi tamu, harganya antara Rp70 – Rp350 ribu per satu seduhan (10 – 15 gram).

Untuk bisa turut merasakan bagaimana sensasi menikmati kopi Geisha ini, coba Anda bisa menyimaknya di video yang sudah saya buat. Menonton, SILAKAN KLIK https://bit.ly/2Xz2D0q.

Untuk mendapatkan khasanah pengalaman minum kopi, perlu lebih banyak lagi mengenal dan mencicipi aneka jenis kopi. Di Indonesia sendiri memiliki banyak varian kopi dan banyak proses dan metode mendevelopnya. Ditambah lagi masih banyak ‘kopi tamu’ dari luar negeri, seperti kopi geisha yang kali ini kita bahas. Selamat ngopi, dan selamat menikmati!