MAHALNYA harga media massa (koran, tabloid, maupun majalah) merupakan bagian dari kurang interesnya para guru menggali informasi. Hal tersebut semakin diperparah dengan rendahnya minat baca, dan lebih memasyarakatnya budaya mendengar dan melihat (audio-visual) di negeri ini, sehingga masyaraat lebih menyukai menonton televisi atau mendengar radio, daripada membaca media massa maupun buku.
Bukan rahasia lagi, bahwa guru yang berpenghasilan ‘pas-pasan’ akan cukup keberatan bila harus membeli koran setiap pagi Rp. 2.500, atau berlangganan Rp. 67.000 per bulan. Jumlah uang sebesar itu, pasti akan lebih bermanfaat dipakai membayar rekening listrik atau keperluan lebih penting lainnya. Karena di mata guru, uang sekecil apa pun merupakan sesuatu yang harus berdaya guna, oleh sebab itu mereka lebih memilih kehilangan informasi penting mengenai kebijakan pemerintah di sektor pendidikan yang kini banyak dimuat di koran harian.
Namun, keterbelengguan tersebut kiranya dapat segera diatasi lewat kehadiran tabloid EDUKASI. Inilah salah satu terobosan yang dilakukan oleh Klub Guru Jatim dalam mengawal kebijakan pemerintah, agar sampai kepada para guru sebagaimana mestinya. Dengan format tabloid, EDUKASI hadir memberikan berbagai informasi penting seputar dunia pendidikan nasional setiap bulan. Dengan demikian, para guru tak lagi kehilangan berita yang biasanya dimuat sekilas di media massa. EDUKASI akan berusaha lebih mem-blow up informasi pendidikan, agar guru lebih memahami secara detail hal-hal baru yang berpotensi memberikan nilai plus dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar.
Kasus kurang tersosialisasinya sertifikasi dan penyelewengan dana-dana pendidikan yang mencuat ke permukaan, sebelumnya hanya diulas singkat di koran umum. Namun lewat EDUKASI kasus tersebut akan secara tuntas dilaporkan, lengkap dengan berbagai tips dan trik serta informasi penyerta lainnya demi suksesnya para guru mampu mencapai hasil maksimal dalam mengikuti sertifikasi. Bukan hanya itu, para guru juga dapat mengetahui informasi lain penambah wawasan yang berkaitang dengan dunia pendidikan yang digelutinya. Demikian juga informasi beasiswa dan peluang usaha yang dapat dikembangkan oleh para guru tanpa harus meninggalkan kewajiban membina peserta didik. Oleh sebab itu, EDUKASI menyematkan motto “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”.
EDUKASI juga mewadahi hasil kreatif para guru dalam hal publikasi. Para guru bisa berbagi artikel ilmiah dan hasil penelitian demi keberlangsungan pendidikan nasional. Setelah itu bila timbul pro dan kontra akan didiskusikan bersama, kemudian diangkat menjadi tema tersendiri dalam seminar dan sebagainya. Dengan demikian, EDUKASI benar-benar mampu menyuarakan ‘suara terdalam’ para guru yang selama ini dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Padahal guru juga manusia, yang memerlukan penghidupan dan penghargaan layak di mata masyarakat dan pemerintah. EDUKASI berusaha memberikan yang terbaik dalam hal informasi pendidikan nasional sebaik-baiknya. Informasi lebih lanjut mengenai berlangganan dan pemasangan iklan hubungi Sekretariat Klub Guru Jawa Timur Jl. Rungkut Asri Timur 7/8 Surabaya. Telp (031) 871-0230, 7170-9292. Email: info@klubguru.com. (*)