KATA setingan, belakangan ini akrab sekali di telinga kita. Kata ini populer seiring maraknya reality show di layar kaca juga media sosial. Hal-hal yang tidak penting justru kemudian viral dan menjadi perhatian publik karena dikemas mampu mengaduk-aduk emosi pemirsa.
Konon, banyak selebritis memasang tarif tertentu untuk menaikkan popularitas seseorang atau sesame selebriti dengan berpura-pura terlibat konflik atau affair dengannya. Peran media massa, seperti televisi dan media online paling banyak terlibat membantu suksesnya setingan ini.
Paling akhir yang kerap menjadi ‘terdakwah’ pelaku setingan adalah Vicky Prasetyo dan Andika Kangen Band. Dua selebritis pria ini menjadi perhatian karena sosoknya yang memang terkenal kontroversial. Gaya dan penampilannya yang biasa-biasa saja tapi berhasil menggaet banyak wanita menjadi bahan tanya tersendiri di tengah masyarakat.
Sebenarnya peristiwa setingan ini tak ubahnya sandiwara. Sebuah perbuatan yang sengaja dilakukan dan dirancang untuk membuat lakon-lakon keseharian serasa nyata, meski sesungguhnya tidak sesuai fakta yang ada. Atau sesuatu yang memang ada, tetapi diberi bunga-bunga kehidupan, yang biasanya sangat bertolak belakang dengan laku manusia normal.
Target setingan tidak lain untuk meningkatkan popularitas yang berdampak keuntungan tertentu bagi sang pelaku. Naif bukan? Tapi itulah rialita masyarakat masa kini yang begitu mudah dikibuli oleh tontonan gaya hidup setingan.
Setali tiga uang, masyarakat kita ternyata juga sangat menyukai dunia setingan. Lihat saja rating televisi yang paling disuka, rata-rata program siar yang mengetengahkan kekonyolan drama yang sebenarnya sudah diketahui endingnya. Contoh yang paling riil adalah program acara “Janji Susi Raffi Gigi” yang masih dan terus tayang di sebuah televisi nasional.
Acara yang sebenarnya dikemas untuk acara live pesta pernikahan ala Royal Wedding pada Oktober 2014 ini, ternyata sampai kini menjadi program reguler dua kali seminggu pada jam prime time. Pemirsa pun serasa tak bosan setiap tayangan disuguhi kehidupan sehari-hari Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bersama Raffatar. Atau sesekali muncul si Merry, asisten rumah tangga bergaji 20 juta per bulan, yang belakangan juga turut viral karena pamit meninggalkan keluarga Raffi untuk pulang kampung, saat lebaran haji lalu.
Bukan main, lima tahun lho pemirsa televisi kita menonton kehidupan keluarga selebriti ini mulai dari bangun tidur sampai mereka tidur lagi. Kehidupan sesungguhnya? Pemirsa sendiri yang perlu dan harus membuktikan.
Ada lagi? Banyak contoh setingan-setingan lain di keseharian kita. Bak kulit ari, sudah sangat tipis batas-batas kehidupan yang riil dan yang setingan.
Semoga tulisan yang Anda baca ini bukan setingan.
Ups!