Dari sekian banyak jenis bubur yang populer di pasaran, Bubur Ayam Jakarta barangkali yang paling banyak dijual. Mulai di depat berkelas dan modern, dijual keliling model kaki lima hingga warung rumahan.

www.arohman.co.cc MAKANAN yang bukan asli Surabaya ini bisa berkembang dan mendapat tempat di hati masyarakat karena rasanya yang mungkin pas dengan lidah orang Surabaya. Karena kebanyakan lidah Surabaya itu gemar sekali terhadap rasa asing atau gurih.
Kalau bukan karena faktor rasa, bisa juga karena makanan seperti Bubur Ayam Jakarta ini tergolong fleksibel dalam penyajian dan dapat dinikmati kapan saja. Pagi oke, siang boleh, bahkan malam hari pun tetap nikmat disantap selagi hangat.
Mencari menu Bubur Ayam Jakarta di Surabaya tidaklah sesulit mencari Pecel Semanggi. Karena sekarang ini, penjual bubur ala Jakarta ini sudah bertebaran di seluruh wilayah Surabaya, bahkan kebanyakan sudah mantap dengan menetap di suatu tempat dan dengan jam buka permanen. Salah satunya adalah Depot Mungil.
Depot ini terletak di Jl. Raya Manyar No. 83 Surabaya (depan Kebun Bibit). Hadir sejak tahun 2001, depot Mungil dirintis oleh Andi Kristyono. Anda yang cukup lama tinggal di Jakarta ini menyajikan Bubur Ayam Jakarta dengan porsi yang cukup mengenyangkan dan dengan harga terjangkau pula.
Sebagaimana standart Bubur Ayam Jakarta yang asli, bubur racikan Depot Mungil ini menggunakan pelengkap seperti emping, cakue, kerupuk udang, daun bawang, bawang goring, dan daging ayam yang disuwir-suwir. Sebagai pelengkapnya, tersedia pula kecap asin, lada bubuk, dan sambal.
“Selera orang Surabaya dan Jakarta memenag berbeda. Orang Surabaya lebih suka makan bubur ayam ditambah kecap manis dan tidak suka ditambah kacang tanah atau kacang kedelai. Sedangkan orang Jakarta sendiri terbiasa menikmati bubur atam dengan tambahan tersebut bahkan masih ditambah lagi dengan kuning telur ayam kampong. Meski bubur ini dicampur kuning telur ayam, bubur ini tidak berbau amis sama sekali. Maklum, bubur ayam ini memang mempunyai keistimewaan pada racikan bumbu kaldunya,” terang Andi menjelaskan.
Ada juga keistimewaan lain dari bubur ayam Jakarta ini. Dalam keadaan hangat bubur ini mampu bertahan selama 4 jam tanpa mencair. Tak heran bila banyak juga para pelanggan yang dating dari luar kota memasan bubur dengan cara dibungkus untuk dikirim ke Sidoarjo, Malang, Banyuwangi, bahkan Manado.
Depot Mungil buka dalam dua shift. Pertama buka jam 06.30 sampai 12.00, kemudian kedua pada pukul 17.00 hingga 23.00. Khusus hari Rabu minggu ke-1 dan ke-3 depot ini libur. Jadi, jangan sampai kecele. *